Cerpen “Basah Kuyup” ini merupakan cerpen fakta yang menimpa diri gua, cerpen yang mungkin masih kaku, dan bahasa yang rancu, tapi cerpen ini gua tulis dengan tujuan untuk mengenang masa MTs gua, masa yang sarat akan makna dan kenangan.

Terima kasih pada si Mie sobat gua, yang telah jadi editor tanpa bayaran :p hehe.

Happy reading :))

image

※ ※ ※ ※ ※ ※ ※

Sang fajar mulai berpijar, tetapi mentari tak secerah seperti biasanya, awan mendung menggulung menandakan suasana yang tak mendukung. Sangat kontradiksi dengan gairah menuntut ilmuku yang sangat cerah, bak bintang-bintang dilangit berkerlipan ditengah kegelapan malam. Gairah yang membuncah bak air bah yang mengalir deras didalam sanubari.

Seperti biasa aku bersepeda, mengayuh pedal menuju tempat yang mulia, tak lain adalah sekolah, ya! Sekarang aku duduk dikelas tujuh disalah satu madrasah tsanawiyah negeri yang ada di Brebes, MTsN Model Brebes akronimnya.

Ditengah jalan dikala aku bergelut untuk mengatur nafas yang terengah-engah, tiba-tiba tetes demi tetes mengenai kulit tanganku, awalnya aku kira peluh keringat yang menetes bebas, namun tetesan-tetesan kecil itu membuncah tak terbendung meneteskan air.

Aku berusaha mengayuh pedal sepeda dengan sekuat tenaga, hembusan nafas kini menderu-deru, dan torpedo-torpedo air terus-menerus menghujam, beberapa orang terlihat menghentikan laju sepedanya untuk meneduh maupun untuk memakai jas anti hujan. Pikiranku tiba-tiba berputar mundur, “harusnya aku tadi menuruti kata ibu membawa jas hujan untuk jaga-jaga, tapi aku mengelak, tak mendengar apa katanya”, keluh batinku. Aalhasil kini aku tanggung akibatnya.

Napasku tersenggal-senggal melawan amukan hujan, seragam basah kuyup bagaikan direndam di kubangan. Tapi rasa syukur masih masih kulantunkan, pintu gerbang masih terbuka menganga. Segera kumemarkirkan sepeda, dan masuk ke kelas tanpa alas, lantaran sepatu yang ikut jadi korban hujan.

Tiba dikelas aku jadi sorotan teman-teman, berpasang-pasang mata memandang dengan beragam macam raut muka yang aku acuhkan. Meletakkan tas, lalu pergi ke teras kelas untuk membersihkan, mengeringkan sepatu dan seragam yang basah kuyup.